Jumat, 06 November 2015

Filled Under:

Risalah Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT) dalam Bingkai Pendidikan Islam di LPIT TBZ

Mabit adalah salah satu sarana tarbiyah atau pendidikan Islam (wasa’ilut tarbiyah Islamiyah). Secara bahasa, mabit berarti bermalam. Istilah yang sangat masyhur kita dapati pada salah satu rangkaian ibadah haji yaitu mabit di Mina

Dalam terminologi dakwah dan tarbiyah, mabit adalah adalah salah satu sarana tarbiyah untuk membina ruhiyah, melembutkan hati, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajjud, dzikir, tadabbur dan tafakkur). Untuk memudahkan memahami definisi ini, biasanya mabit dijadikan akronim dari MAlam Bina Iman dan Taqwa.

Sebagai bentuk pendidikan karakter keislaman, maka banyak yayasan pendidikan Islam seperti Yayasan Bina Ukhuwah Karawang, Yayasan Pendidikan Iqro Pondok Gede, Yayasan Pendidikan Nurul Fikri Depok, dan juga Yayasan Pendidikan LPIT Thariq Bin Ziyad di Bekasi melalui bidang Pembinaan Keislaman selalu mengadakan kegiatan MABIT atau Malam Bina Iman dan Taqwa.

Secara umum MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) adalah salah satu di antara sarana pendidikan islam atau tarbiyah islamiyah dalam rangka membina jiwa seorang muslim agar menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas secara intelektual (fikriyah), sehat secara jasmani (jasadiyah), tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual yang kuat kepada Allah SWT.

Ragam kegiatannya adalah sebagai berikut :
1. Sholat berjamaah dan Sholat Tahajud
2. Tilawah Al-Quran minimal 1 juz
3. Training Motivasi Belajar
4. Dzikir Al-Ma'tsurat petang dan pagi
5. Tausiyah dan kegiatan lainnya


Kegiatan ini menjadi miniatur pesantren di sebuah lembaga pendidikan Islam yang bercorak non pesantren. Selain itu kegiatan MABIT di SDIT Thariq Bin Ziyad menjadi ajang kegiatan rangkaian dari SUKSES UN atau US, seperti yang baru saja dilakukan di unit SDIT Thariq Bin Ziyad Jatimulya pada hari Jumat-Sabtu (6-7 November 2015), kegiatan ini sangat efektif dalam menanamkan kedisiplinan dalam beribadah, motivasi belajar dan gemar beramal. [DM]


Berikut adalah foto-fotonya :













Sumber : FB Tabloid Intajiyah & Majalah Intajiyah serta www.binaukhuwah.or.id

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright @ 2013 MAJALAH INTAJIYAH.